IDENTIFIKASI DAMPAK NEGATIF PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 BAGI MAHASISWA PGSD ANGKATAN 2019 DI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA
Keywords:
Pembelajaran daring, pandemi covid-19, mahasiswa PGSDAbstract
Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet sebagai tempat menyalurkan ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak negatif pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 bagi mahasiswa PGSD angkatan 2019 di Universitas Kristen Indonesia Toraja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Kuisioner melalui google form dengan skala likert dengan tujuan untuk mengukur tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa merasa sulit memahami materi dengan persentase 67,4%, merasa stres dengan persentase 59,7%, merasa gelisah sebanyak 62,9%, merasa khawatir sebanyak 53,2%, mengalami motivasi belajar yang menurun dengan persentase 62,9%, kurangnya interaksi dosen dengan mahasiswa dengan persentase 67,7%, Dosen tidak menyampaikan materi dengan jelas dan perkuliahan diganti dengan tugas-tugas sehingga mahasiswa sulit memahami materi dengan persentase 50%.