KEARIFAN LOKAL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER ANTI KORUPSI MELALUI MODEL PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Keywords:
Keaarifan lokal, pendidikan karakter anti korupsi, pendekatan kontekstualAbstract
Pendidikan adalah proses konstan belajar dan adaptasi dari individu, untuk nilai budaya dan cita-cita nasional. Dunia pendidikan memainkan peranan penting dalam memberantas korupsi, dan dunia ini perlu dipandang seluruhnya untuk membendung arus korupsi di negeri itu. Nilai-nilai kearifan setempat mungkin merupakan alternative untuk pendidikan anti-korupsi di sekolah-sekolah dalam konteks studi. Tujuan penelitian ini berupaya untuk mengidentifikasi nilai-nilai kearifan lokal, sebagai media untuk pendidikan karakter anti korupsi melalui model studi kontekstual. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif melalui perpustakaan studi. Nilai-nilai kebijaksanaan lokal secara universal didefinisikan lokal oleh orang-orang luwu seperti nilai kejujuran, tanggung jawab, kerja keras, disiplin, adil dan sederhana. Hal ini dapat dilakukan dengan menghubungkan bahan-bahan pelajaran dengan nilai-nilai anti korupsi yang terintegrasi dari kebijaksanaan setempat, dengan menyampaikan pesan atau nasihat kepada orang-orang yang belajar tentang bahaya korupsi.