PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD INPRES BTN IKIP I KOTA MAKASSAR
Keywords:
Hasil belajar, pembelajaran cooperative tipe jigsawAbstract
Hasil belajar tematik peserta didik SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar selama pembelajaran daring sangat jauh dari ketuntasan belajar yang diharapkan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka model pembelajaran Cooperative tipe jigsaw dipandang efektif untuk menumbuhkan minat dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran daring yang berdampak pada peningkatan hasil belajar tematik peserta didik di SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar tematik peserta didik setelah penerapan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw pada pembelajaran daring di kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw pada pembelajaran daring dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada peserta didik kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar. Hal ini terlihat pada kemampuan peserta didik dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dimana siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Begitu pula dalam aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan. Dengan demikian model pembelajaran cooperative tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar daring peserta didik kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar.