PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI GLOBALISASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Hasil belajar, TGT, globalisasiAbstract
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 10 Landono pada mata pelajaran PKn materi globalisasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, paparan data, dan penyimpulan data. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa minimal mencapai 80% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Hasil analisis penelitian pada siklus I siswa tuntas berjumlah 13 siswa atau 61,9% dan tidak tuntas 10 siswa atau 38,1% dan nilai rata-rata 67,8. Persentase aktivitas mengajar guru pertemuan pertama adalah 75% dan pertemuan kedua adalah 80%. Persentase aktivitas belajar siswa pertemuan pertama adalah 70% dan pada pertemuan kedua adalah 75%. pada siklus II siswa tuntas berjumlah 18 siswa atau 85,71% dan tidak tuntas 3 siswa atau 14,29% dan nilai rata-rata 76. Persentase aktivitas mengajar guru pertemuan pertama adalah 90% dan pertemuan kedua adalah 100%. Persentase aktivitas belajar siswa pertemuan pertama adalah 85% dan pada pertemuan kedua adalah 90%. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi globalisasi di kelas IV SDN 10 Landono.