ANALISIS KESULITAN GURU MENGHADAPI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN GANGGUAN AUTISDI KELAS II SDN 243 INPRES TAMPO KABUPATEN TANA TORAJA

Authors

  • Iindarda Sangkung Panggalo Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Rahel Paotonan Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Kesulitan guru, anak berkebutuhan khusus, autis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan menganalisis kesulitan guru dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus dengan gangguan autis di SDN 243 Inpres Tampo. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengalami kesulitan dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus dengan gangguan autis dalam proses pembelajaran karena siswa dengan gangguan autis memiliki fokus yang sangat singkat, merasa mudah bosan dan terkadang mengganggu siswa lainnya yang sedang fokus menerima pembelajaran. Strategi yang dilakukan oleh guru adalah memberikan pembelajaran khusus bagi siswa yang mengalami gangguan autis.

Downloads

Published

2022-06-07