IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTERDI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Implementasi, budaya sekolah, pendidikan karakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi budaya sekolah dalam wujud pendidikan karakter yang ada di SDN 5 Tikala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi sebagai upaya untuk memahami makna yang sesungguhnya dari suatu fenomena atau kejadian. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Teknik analisis data menggunakan interaktive model menurut Miles, Huberman, dan Saldana (2014) melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi budaya sekolah berbasis pendidikan karakter di SDN 5 Tikala memiliki perencanaan penanaman nilai karakter terintegrasi ke dalam kurikulum sekolah, pelaksanaan penanaman nilai karakter terintegrasi dalam setiap kegiatan. Terdapat lima nilai karakter yang membudaya yaitu religius, semangat kebangsaan, peduli sosial, disiplin dan peduli lingkungan. Terdapat faktor pendukung dari orang tua dan lingkungan sekolah. Faktor penghambat penanaman nilai karakter yaitu pandemi covid-19 dan sarana prasaranadi sekolah. Implementasi budaya sekolah berbasis pendidikan karakter terintegrasi dalam kegiatan sekolah, dan didukung oleh semua pihak.