MENULIS KARANGAN EKSPOSISI MELALUI MODEL MIND MAPPING DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH 3 TO’KALUKU TANA TORAJA
Keywords:
Mind Mapping, menulis, karangan eksposisiAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan menulis karangan eksposisi pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah To’kaluku Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja melalui Penggunaan model Mind Mapping. Adapun tujuan dalam pelaksanaan ini adalah meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas IV di MI Muhammadiyah To’kaluku Tana Toraja. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah To’kaluku Tana Toraja Toraja tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 22 orang siswa 15 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Fokus dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, dimana aspek guru yang diamati adalah kemampuan guru menerapkan model Mind Mapping dalam pembelajaran, sedangkan pada aspek siswa yang diamati adalah kemampuan menulis karangan eksposisi setelah digunakan model Mind Mapping. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dengan Penggunaan model Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi, dimana pada siklus I menunjukkan belum mencapai hasil pembelajaran secara optimal atau ketuntasan belajar siswa mencapai 45,45% dan ketidaktuntasan belajar 54,54%. Pada siklus II menunjukkan belum mencapai hasil pembelajaran secara optimal atau ketuntasan belajar siswa mencapai 72,27% dan ketidaktuntasan belajar 22,72%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui Penggunaan model Mind Mapping kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas IV MI Muhammadiyah To’kaluku Tana Toraja Toraja meningkat.