ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Keywords:
Kemampuan berpikir tingkat tinggi, matematikaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan dan kemajuan teknologi yang tentunya berdampak pada kehidupan manusia dan salah satu sektor yang terkena dari dampak kemajuan ini adalah pendidikan. Pendidikan di era ini menuntut terbentuknya individu atau peserta didik yang mempunyai kualitas serta kemampuan dalam menjawab tantangan global yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan ini disebut dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 103 Makale 6 yang berjumlah 26 siswa. Sementara objek dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran matematika, materi jarak, waktu dan kecepatan. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes essay. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di SDN 103 Makale 6, materi jarak, waktu dan kecepatan yaitu; (1) Peserta didik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi baik pada tingkatan C4-C5 dan masih kurang pada tingkatan C6; (2) dari 24 peserta didik yang mengerjakan soal didapati 10 peserta didik yang memiliki kemampuan HOTS tinggi, 12 peserta didik memiliki kemampuan berpikir HOTS cukup dan 2 peserta didik memiliki kemampuan berpikir HOTS kurang.