IDENTIFIKASI KESULITAN ORANG TUA SISWA MENDAMPINGI ANAK DALAM MENGERJAKAN TUGAS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 183 INPRES BALLA BITTUANG

Authors

  • Hendrik Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Topanus Tulak Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Elisabeth Jerlina Universitas Kristen Indonesia Toraja

Abstract

Penelitian ini berisikan tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh orang tua siswa saat mendampingi anak belajar selama di rumah pada masa pandemi covid-19. Hasil dari penelitian ini untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai kesulitan-kesulitan yang dialami oleh orang tua siswa saat mendampingi anak belajar di rumah. Sehubungan dengan tujuan penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara kepada beberapa orang tua siswa, dilanjutkan dengan mereduksi dan kesimpulan. Dalam penggalian data, peneliti mendapatkan data gambaran mengenai kesulitan-kesulitan yang dialami oleh orang tua siswa (responden) di SDN 183 Inpres Balla Bittuang dalam mendampingi anak belajar dari rumah selama pandemi covid-19 ini. Banyak orang tua belum mengerti dengan system pembelajaran yang diberlakukan oleh guru sehingga orang tua bingung bagaimana cara mendampingi anak belajar, orang tua juga ada yang belum mengerti menggunakan gadget, orang tua tidak memahami materi atau tugas yang diberikan guru kepada siswa, kuota internet yang sangat mahal, orang tua kesulitan dalam menumbuhkan minat belajar anak, tidak memiliki waktu yang cukup untuk mendampingi anak belajar karena bekerja.

Downloads

Published

2022-06-07