ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI ERA NEW NORMAL SISWA KELAS V SDN 155 PATUDU KABUPATEN TANA TORAJA
Keywords:
Kesulitan belajar matematika, era new normalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika di era new normal pada siswa kelas V SDN 155 Patudu Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 7 siswa kelas V yang mengalami kesulitan belajar di era new normal, dan juga guru kelas V. Objek penelitian ini menganalisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas V di era new normal. Pengumpulan data menggunakan metode, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif Miles dan Hubermen yang terdiri dari: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa 1) Adanya kesulitan belajar matematika di era new normal pada siswa kelas V SDN 155 Patudu Kabupaten Tana Toraja yang terdiri dari kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam berhitung, kesulitan memecahkan masalah. 2) Adanya faktor-faktor kesulitan belajar matematika di era new normal pada siswa kelas V SDN 155 Patudu Kabupaten Tana Toraja yang terdiri dari faktor internal dan eksternal dari siswa. Saran untuk guru, sebaiknya selama era new normalguru harus tetap melalukan pembelajaran dengan cara kreatif agar siswa tetap semangat belajar dan juga tetap mengerti ketika diberikan tugas. Saran untuk orang tua siswa sebaiknya selalu memotivasi, membimbing anak sehingga anak tetap semangat belajar.