ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SDN 274 INPRES TANETE KABUPATEN TANA TORAJA

Authors

  • Susanna Vonny N. Rante Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Topanus Tulak Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Herlina Mantung Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Pembelajaran tematik, kesulitan, pandemi Covid-19.

Abstract

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang di dalamnya menghubungkan berbagai topik dalam satu mata pelajaran dan menekankan keterlibatan peserta didik dalam sistem pembelajaran untuk dapat memberikan ulasan yang signifikan bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan guru kelas IV dalam melaksanakan pembelajaran tematik selama pandemi Covid-19 di SDN 274 Inpres Tanete. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas IV SDN 274 Inpres Tanete. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pelaksanaan pembelajaran tematik selama pandemi Covid-19 di SDN 274 Inpres Tanete khususnya di kelas IV tidak berjalan dengan maksimal. Oleh karena itu, guru kelas IV mengalami beberapa kesulitan atau kendala dalam pelaksanaannya di antaranya yaitu: Pengalokasian waktu dengan langkah- langkah pembelajaran, banyak pembelajaran yang tidak tuntas, anak-anak tidak terlalu aktif dan fokus dalam pembelajaran. Pada kegiatan pendahuluan, guru tidak terlalu mengalami kesulitan tetapi yang menjadi kendalanya yaitu guru tidak menyampaikan secara umum tentang materi pembelajaran yang akan dipelajari hanya gambaran singkat kepada siswa dengan mengaitkan materi yang kemarin karena keterbatasan waktu yang ada. Pada kegiatan inti, yang menjadi kendalanya yaitu penyesuaian waktu dengan materi yang akan diajarkan, anak-anak kurang aktif dalam pembelajaran, guru tidak dapat berdekatan secara langsung dengan siswa untuk menjelaskan materi dan membimbing siswa. Pada kegiatan penutup, guru tidak mengalami kendala atau kesulitan.

 

Downloads

Published

2022-06-07