STRATEGI MENGAJAR GURU SELAMA WORK FROM HOME DI KELAS IV SDN 100 MAKALE 3 KABUPATEN TANA TORAJA

Authors

  • Trivena Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Lisa Citradana Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Strategi mengajar, Work From Home

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar siswa selama work from home. Subyek penelitian adalah guru yang mengajar di kelas IV SDN 100 Makale 3 dengan jumlah 3 orang yang terdiri dari wali kelas IV yang memberikan mata pelajaran Tematik, guru PJOK, dan guru Agama dan 10 siswa kelas IV yang dipilih secara acak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Jenis sumber data yang digunakan adalah data utama atau primer yaitu guru dan siswa dan data sekunder berupa nilai raport siswa selama pandemi. Adapun prosedur pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi atau dokumenter. Hasil analisis data diperoleh bahwa di SDN 100 Makale 3 selama Work From Home (WFH) adapun strategi yang digunakan dalam proses belajar mengajar adalah dengan menggunakan media sosial berupa aplikasi whatsapp, dengan menggunakan media whatsapp group dan video, dan pengambilan salinan materi ke sekolah setiap minggu. Penerapan strategi ini kurang efektif dikarenakan banyak siswa yang kurang mengerti pada pembelajaran karena kurangnya penjelasan dari guru dan bahkan ada yang tidak memiliki HP android yang mendukung proses pembelajaran online.

 

 

Downloads

Published

2022-06-07