Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMK

  • ardon toli SMK Negeri 5 Toraja Utara
Keywords: Kooperatif, Think Pare Share, Prestasi Belajar

Abstract

Matematika adalah bahasa yang melambangkan serangkaian makna dari pernyataan yang ingin kita sampaikan. Kenyataan di lapangan memberikan gambaran bahwa selama pembelajaran berlangsung sebagian besar siswa kurang aktif, mereka akan aktif apabila diberikan tugas, tidak memperhatikan penjelasan guru, banyak siswa yang tidak selesai dalam mengerjakan soal sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Siswa juga tampak tidak bermotivasi pada pelajaran matematika. Selain tumbuhnya motivasi, guru juga harus membangkitkan motivasi yang ada dalam diri siswa agar terangsang untuk mempelajari materi serta ingin memahami pelajaran lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XI Pengelasan Siswa SMKN 5 Toraja Utara. Pada materi vektor melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Pembelajaran TPS dapat mengembangkan kemampuan mengungkapkan idea atau gagasan dengan kata-kata secara verbal dan membandingkannya dengan ide-ide orang lain. Siswa dapat mengembangkan kemampuan untuk menguji ide dan pemahamannya sendiri dan menerima umpan balik. Interaksi yang terjadi selama pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan memberi rangsangan untuk berpikir sehingga bermanfaat bagi proses pendidikan jangka panjang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data-data yang terkumpul adalah teknik deskriptif komparatif yaitu untuk membandingkan keberhasilan antar siklus. Teknik analisis data prestasi belajar siswa menggunakan statistik sederhana yaitu analisis Ketuntasan belajar. Dari hasil analisis data dan pembahasannya, diperoleh kesimpulan Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi vektor terbukti meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI Pengelasan Siswa SMKN 5 Toraja Utara, Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi vektor terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas XI Pengelasan Siswa SMKN 5 Toraja Utara.

Published
2020-08-28
Section
Articles