Efektivitas Penggunaan Peta Konsep Dalam Pembelajaran Sistem Persamaan Linier Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa UKI Toraja

Authors

  • Enos Lolang Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v1i1.139

Keywords:

efektivitas, penggunaan peta konsep, sistem persamaan linier

Abstract

Sistem Persamaan Linier merupakan salah satu pokok materi pada mata kuliah Aljabar Linier. Untuk menyelesaikan sistem persamaan linier, diperlukan beberapa persamaan linier yang mengandung peubah-peubah yang akan dicari nilainya. Kesatuan persamaan tersebut dinamakan sistem persamaan linier. Penyelesaian sistem persamaan linier dapat dilakukan dengan metode grafik, metode eliminasi, metode subtitusi, atau gabungan antara metode eliminasi dengan metode subtitusi. Dari populasi sebanyak 238 orang mahasiswa yang terbagi dalam tujuh kelas, secara purposif dipilih 60 orang sebagai sampel yang terdiri atas dua kelas. Kedua kelas tersebut selanjutnya dipilih secara random untuk menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal yang menyangkut sistem persamaan linier dengan dua peubah. Setelah data terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh mahasiswa UKI Toraja dalam menyelesaikan soal-soal mengenai sistem persamaan linier, terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen yang menggunakan peta konsep dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan peta konsep. Peningkatan hasil belajar pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Efektivitas Penggunaan Peta Konsep Dalam Pembelajaran Sistem Persamaan Linier Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa UKI Toraja”, Jurnal KIP, vol. 1, no. 1, pp. 14–23, Jul. 2022, doi: 10.47178/jkip.v1i1.139.

Similar Articles

1-10 of 47

You may also start an advanced similarity search for this article.