Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan

Studi Kasus Pada Alfirah Meubel, Batupapan

Authors

  • Mey Enggane Limbongan
  • Gideon Panggeso

DOI:

https://doi.org/10.47178/jesit.v1i1.1089

Keywords:

harga, kualias produk, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 30 responden yang merupakan pelanggan Alfirah Meubel. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner yang akan diolah dengan pengujian uji validitas dan relibialitas, uji normalitas, uji multikolonieritas dan regresi linear berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa koefisien  determinasi (R Square) variabel harga dan kualitas produk berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan yaitu sebesar 64,8%, sedangkan 35,2% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dijelakan dalam penelitian ini. Pada uji t hanya kualitas produk yang mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan dengan melihat t hitung lebih besar dari t tabel (3,627 > 2,052), sedangkan variabel harga tidak berpengaruh secara signifikan dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan, dibuktikan dengan melihat t hitung lebih kecil dari t tabel (0,334 < 2,052). Dapat disimpulkan bahwa pelanggan pada Alfirah Meubel tidak melihat dari seberapa harga yang diberikan, tetapi melihat dari seberapa baik kualitas produk yang ditawarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fransiska, Pramita. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas produk dan Kualitas
Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Air Minum
Kemasan. Skripsi. Universitas Diponegoro
Handoko, T. Hani. (2002). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia.
Yogyakarta: BPFE
Kertajaya H. (2002). Hermawan Kertajaya on Marketing. PT Gramedia Pustaka
Kotler, P. dan G. Amstrong. (2004), Dasar-dasar Pemasaran, Jilid I. Gramedia:
Jakarta.
Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis,
Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.
Kotler, Philips dan Gray Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran, edisi
kedua belas, Jakarta: Penerbit Erlanggaa.
Kurniasari, N. D. dan S. B. Santosa. (2013). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas
Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi
Kasus pada Konsumen Waroeng Steak & Shake Cabang Jl. Sriwijaya 11
Semarang). Diponegoro Journal of Management. Vol. 2. No. 2. pp. 352-
363.
Lupiyoadi, Rambat, Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta:
Salemba Empat.
Nasution, M. N. (2010) Manajemen Mutu Terpadu. Ghalia Indonesia: Jakarta
Purwati, Heri Setiawan, dan Rohmawat. (2012). Pengaruh Harga dan Kualitas
Produk Terhadap Keputusanpembelian Motor Honda Matic Beat (Studi
Kasus Pada PT. Nusantara Solar Sakti). Jurnal Ekonomi dan Informasi
Akuntansi (JENIUS). Vol. 2. No. 3.
Sugiyono. (2013).vStatiska Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. (2003). Total Quality Management. Andi
Offset: Jakarta
Utama: Jakarta.
Utami, Maqfira Dwi. (2011). Analisis Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap
Peningkatan Penjualan Tiket Pada PT. Maniela Tour & Travel Di Makassar.
Repositori Fakultas Ekonomi UNHAS.

Downloads

Published

2021-02-05

How to Cite

Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Kasus Pada Alfirah Meubel, Batupapan. (2021). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Terapan (JESIT), 1(1), 37-50. https://doi.org/10.47178/jesit.v1i1.1089