Meningkatkan Kemampuan Menyimak dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara

Authors

  • yohanis Padallingan Univesitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/elementary.v2i2.850

Keywords:

kemampuan menyimak, media audio visual

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas IV SDN 2 Rantepao ?”. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang direncanakan dalam empat tahap yaitu: (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Dalam kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan media audio visual.

                Fokus penelitian adalah penerapan media pembelajaran audio visual. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Rantepao dengan jumlah siswa 27 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Kelompok (LKK), tes formatif, observasi dan wawancara.

                Berdasarkan hasil penelitian, terlihat ada peningkatan terhadap kemampuan menyimak siswa kelas IV SDN 2 Rantepao. Penerapan media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata 64,69 dengan persentase ketuntasan 59,26 % dan meningkat pada pertemuan 2 dengan nilai rata-rata 57,85 dengan persentase ketuntasan 55,56 %. Pada siklus II pertemuan 1 mencapai nilai rata-rata 79,63 dengan persentasi ketuntusan 100 % dan meningkat pada pertemuan 2 dengan rata-rata 70,30 dengan persentase ketuntasan 62,96 %. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas IV SDN 2 Rantepao

Downloads

Published

2020-01-31