Meningkatkan Minat Baca dengan Media Cerita Bergambar Pada Siswa Kelas III SDN 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara

Authors

  • Eky Setiawan Salo Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Reni Lolotandung Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Dina Ramba' Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/elementary.v2i2.844

Keywords:

Minat baca, media cerita bergambar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan media pembelajran cerita bergambar dapat meningkatkan minat baca siswa kelas III SDN 2 Rantepao ?”. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang direncanakan dalam empat tahap yaitu: (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Dalam kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan media cerita bergambar.

                Fokus penelitian adalah penerapan media pembelajaran cerita bergambar. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 2 Rantepao dengan jumlah siswa 28 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Kelompok (LKK), tes formatif, observasi dan wawancara.

                Berdasarkan hasil penelitian, terlihat ada peningkatan terhadap minat baca siswa kelas III SDN 2 Rantepao. Penerapan media pembelajaran cerita bergambar untuk meningkatkan minat baca siswa pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata 63,21 dengan persentase ketuntasan 64,29% dan meningkat pada pertemuan 2 dengan nilai rata-rata 64,82 dengan persentase ketuntasan 53,57%. Pada siklus II pertemuan 1 mencapai nilai rata-rata 79,29 dan meningkat pada pertemuan 2 dengan rata-rata 84,29 dengan persentase ketuntasan 85,71%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan media cerita bergambar dapat meningkatkan minat baca siswa kelas III SDN 2 Rantepao.

Downloads

Published

2020-01-31