ANALISIS DAMPAK BUANGAN LIMBAH CAIR PADA ALIRAN SUNGAI SA’DAN (StudiKasusPabrikTahu dan Tempe Sumber Wangi Tallunglipu)

Authors

  • Reni Oktaviani Tarru Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/agro.v6i1.725

Keywords:

limbah cair, tahu, tempe, aliran sungai Sa’dan, pencemaran

Abstract

Keberadaan tahu dan tempe telah diakui sebagai makanan yang bergizi dengan harga yang relatif murah. Produsen tahudan tempe umumnya tergolong ke dalam industri kecil danhampirdijumpai disetiap desa dan kecamatan dan pengolahannya sebagian besar mengambil lokasidisekitar sungai ataupun selokan guna memudahkan proses pembuanganlimbahnya, tetapi akanmenimbulkan dampak pencemaran lingkungan perairan disekitarnya. Hal inidapat terjadi karena belum adanya upaya penanggulangan limbah cair dari pengolahan tahu dan tempe.

Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak pembuangan limbah cair tahu dan tempe terhadap kualitas air Sungai Sa’dan dari parameter fisik ( TSS, dan TDS ), kimia ( PH, BOD, dan COD ), biologis ( Bakteri Escherichia coli), dan membandingkan nilai limbah cair pabrik tahu dan tempe Sumber Wangi Tallunglipu dengan nilai dari Baku Mutu Limbah Cair bagi kegiatan Industri sesuai dengan KEP-51/MENLUH/10/1995.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa parameter fisik mempunyai kadar TSS 760.80 dan TDS 18700, parameter Kimia mempunyai kadar BOD 376.93, COD 942.32 dan pH 4.21 parameter biologis, hasil kultur bakteri Escherichia colipositif, dan berdasarkan pada baku mutu limbah cair bagi kegiatan industri sesuai dengan KEP-51/MENLUH/10/1995, yang termasuk pada kelas I limbah yang dibuang pada pabrik tahu dan tempe sumber wangi Tallunglipu telah melewati criteria baku mutu limbah cair bagi kegiatan industri, maka harus dilakukan proses pengolahan limbah terlebih dahulu.

Published

2019-07-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS DAMPAK BUANGAN LIMBAH CAIR PADA ALIRAN SUNGAI SA’DAN (StudiKasusPabrikTahu dan Tempe Sumber Wangi Tallunglipu). (2019). AgroSainT, 6(1), 14-17. https://doi.org/10.47178/agro.v6i1.725