Strategi Pengembangan Agribisnis Kopi Arabika Di Tana Toraja

Authors

  • Aris Tanan Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/agro.v3i2.628

Keywords:

AHP, Agribisnis, Kopi Arabika, Tana Toraja

Abstract

Penelitian dilaksanakan di kampus Universitas Kristen Indonesia Toraja dari bulan Juli sampai Agustus 2008, bertujuan merumuskan alternatif strategi yang didasarkan pada tujuan, faktor penentu dan aktor yang berperan dalam pengembangan agribisnis kopi arabika di Tana Toraja dengan menggunakan pendekatan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian diharapkan akan memberikan informasi mengenai prioritas strategi yang seharusnya diaplikasikan dalam pengembangan agribisnis kopi arabika di Tana Toraja.  

            Penelitian dilakukan dengan alat analisis manajemen strategik menggunakan pendekatan sistem AHP. Informasi diperoleh melalui studi literatur untuk menyusun hierarki keputusan, sedang untuk menetapkan elemen dalam setiap hierarki diperoleh melalui Forum Discussion Group yang melibatkan expert dari personal yang memiliki pengalaman dan pengetahuan di bidang perencanaan, serta dari praktisi agribisnis.

            Penilaian terhadap elemen-elemen pendukung sistem dilakukan setiap expert secara mandiri dengan menggunakan matriks Pairwise Comparison berdasarkan skala kepentingan, yang kemudian digabung dengan menggunakan rumus aigen value. Hasil penilaian gabungan kemudian diberi bobot untuk menentukan prioritas dengan menggunakan metode Eckenrode.

            Hasil analisis yang dilakukan, menunjukkan bahwa untuk mengembangkan agribisnis kopi arabika di Tana Toraja maka faktor penentu yang harus menjadi prioritas perhatian adalah potensi lahan dan ketersediaan petani pada lokasi, pihak sebagai aktor yang paling berperan adalah pengusaha/swasta sebagai pemodal, tujuan lebih diarahkan pada peningkatan produktivitas lahan dan tanaman, serta prioritas strategi pengembangan pada penyediaan modal usaha.

Published

2019-06-25

Issue

Section

Articles

How to Cite

Strategi Pengembangan Agribisnis Kopi Arabika Di Tana Toraja. (2019). AgroSainT, 3(2), 309. https://doi.org/10.47178/agro.v3i2.628

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>