HUBUNGAN ANTARA STRES DENGAN STATUS GIZI MAHASISWA PROGRAM S1 KEPERAWATAN SEMESTER VIII STIKES TANA TORAJA TAHUN 2015

Authors

  • Anitha Bunga Manginte' Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tana Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/agro.v6i3.326

Keywords:

Stres, Status Gizi, Mahasiswa

Abstract

Stres adalah keadaan yang bersifat internal, yang bisa disebabkan oleh tuntutan fisik atau lingkungan, dan situasi sosial, yang berpotensi merusak dan tidak terkontrol. Stress juga dapat didefinisikan sebagai tanggapan atau proses internal atau eksternal yang mencapai tingkat ketegangan fisik dan psikologis sampai pada batas atau melebihi batas kemampuan subjek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara stres dengan status gizi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional study. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 35 orang.Sampel diambil menggunakan teknik total sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner dan pengukuran antropometri dengan menghitung IMT setiap subjek penelitian. Pengolahan data menggunakan program Windows SPSS versi 21 dan data diuji dengan Chi-Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh nilai p=0,003 dimana nilai ?=0,05 jadi p<?. Berarti ada hubungan antara stres dengan status gizi mahasiswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara stres dengan status gizi mahasiswa sehingga semakin berat stres yang di alami mahasiswa semester VIII maka semakin tinggi indikator perubahan status gizi baik mengalami penurunan berat badan maupun mengalami peningkatan berat badan. Saran yang diharapkan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan teknik manajemen stres untuk mengurangi efek negatif dari stresor yang ada selama mengerjakan skripsi.

Published

2018-05-28

How to Cite

Manginte’, A. B. (2018). HUBUNGAN ANTARA STRES DENGAN STATUS GIZI MAHASISWA PROGRAM S1 KEPERAWATAN SEMESTER VIII STIKES TANA TORAJA TAHUN 2015. AgroSainT, 6(3), 182–192. https://doi.org/10.47178/agro.v6i3.326

Issue

Section

Articles