Hibridisasi Dan Karakterisasi Hasil Persilangan Cabai Katokkon (Capsicum annum L.) Dengan Cabai Rawit Putih (Capsicum frutescens L)

  • Marpin Tandiola KSP Gemilang
  • Driyunitha Tanning UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA
  • Sepsriyanti Kannapadang UKI TORAJA
Keywords: Hibridisasi, Karakterisasi, Persilangan cabai

Abstract

Cabai Katokkon (Capsicum annum L.) atau biasa disebut dengan lada katokkon merupakan cabai lokal Toraja dan salah satu sayuran yang dibudidayakan secara komersial di daerah Toaraja karena memiliki peranan besar sebagai keperluan rumah tangga. Cabai katokkon memiliki aroma yang yang wangi serta tingkat kepedasan yang tinggi. Varietas bodas atau cabai rawit putih (Capsicum frutescens L) yang memiliki buah lebih besar dari jenis cabai rawit lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoreh buah F1 (Cabai Rawit Putih ♀ disilangkan Cabai Katokkon ♂) untuk cabai rawit putih varietas bodas yang lebih besar dan dapat mewarisi rasa dan aroma yang khas dari cabai katokkon. Dan memperoleh buah F1 Resiprok (Cabai Katokkon ♀ disilangkan Cabai Rawit Putih ♂) untuk mengetahui perbedaan karakter dan persentase keberhasilan persilangan. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Toraja Utara Kecamatan Sa’dan Desa Sa’dan Matallo dengan ketinggian 902 mdpl. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase hasil persilangan terbaik berada pada persilangan F1.Sedangkan sidik ragam pada setiap karakter F1 dan F1 resiprok menunjukkan bahwa tidak berbeda nyata pada setiap galur.

Published
2021-05-05
How to Cite
Tandiola, M., Tanning, D., & Kannapadang, S. (2021, May 5). Hibridisasi Dan Karakterisasi Hasil Persilangan Cabai Katokkon (Capsicum annum L.) Dengan Cabai Rawit Putih (Capsicum frutescens L). AgroSainT, 9(2), 87-91. https://doi.org/https://doi.org/10.47178/agro.v9i2.1227
Section
Articles