Analisis Kecemasan Siswa Kelas VII SMP Kristen dalam Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i4.2337Keywords:
Kecemasan Siswa, Belajar Matematika, Siswa SMPAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kecemasan serta faktor yang mempengaruhi siswa kelas VII dalam belajar matematika di SMP Kristen Makale. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Kristen Makale tahun ajaran 2023/2024. Dengan metode pengambilan sampel secara acak, terpilih siswa kelas VII D dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Data yang diperoleh melalui instrument berupa kuesioner kecemasan matematika yang terdiri dari 30 butir pernyataan, yang kemudian dianalisis dalam bentuk deskriptif statistic kemudian dikategorikan menjadi 3 kategori, diantaranya rendah, sedang dan tinggi. Setelah diperoleh gambaran tingkat kecemasan matematika siswa, selanjutnya dipilih 3 siswa yang mewakili setiap kategori untuk dilakukan wawancara dengan tujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kecemasan siswa dalam belajar matematika. Hasil menunjukkan bahwa tingkat kecemasan siswa berada pada kategori sedang. Dimana jumlah siswa yang mengalami kecemasan pada kategori rendah sebanyak 11 orang siswa dengan persentase 35%, kategori sedang sebanyak 12 orang siswa dengan persentase 39% dan pada kategori tinggi sebanyak 8 orang siswa dengan persentase 26%. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kecemasan siswa dalam belajar matematika yaitu kurangnya kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan yang dimiliki, adanya persepsi buruk siswa terhadap mata pelajaran matematika, kurangnya pengetahuan awal atau kurangnya penguasaan konsep matematika siswa, serta situasi kelas yang tidak kondusif yang menyebabkan siswa sulit untuk berkonsentrasi dalam belajar.
References
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika Dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V6i1.748
Azizah, F. N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Dalam Masalah Kecemasan Pada Pembelajaran Matematika. 8(2).
Azwar. S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. In Psikometri (2nd Ed., P. 213). Pustaka Belajar.
Dyah Haerunnisa & Adi Ihsan Imami. (2022). Analisis Kecemasan Belajar Siswa SMP Pada Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 23–30. Https://Doi.Org/10.31949/Dm.V4i1.2015
Gregory J. Feist, J. F. (2013). Teori Kepribadian. Salemba Humanika. Http://Www.Penerbitsalemba.Com
Hakim, R. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa. 4. Https://Doi.Org/10.22460
M. Saufi, A. B. W. (2013). Mengelola Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.
Melisa. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Gender. Universitas Negeri Islam Sultan Thaha Saifuddin Jambi.
Mutiah. (2020). Analisis Kecemasan Siswa SMP Negeri 12 Malang Kelas VIII Dalam Pembelajaran Matematika.
Ervianti, E., Sampelolo, R., & Pratama, M. P. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY ON STUDENT LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 358-365.
Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 5(2), 350-357.
Priyanto, D., & Riyanti, S. (2016). Tingkat Dan Faktor Kecemasan Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.
Pratama, M. P. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegence Sebagai Sumber Belajar Mandiri. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 3(3), 97-110.
Sugiyono, Prof. Dr. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta,Cv. Www.Cv.Alfabeta.Com
Syafri, F. S. (2017). Ada Apa Dengan Kecemasan Matematika? 1. Http:E-Journal.Ikip-Veteran.Ac.Id/Index.Php/Matematika
Tsani, M. A. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Pengaruh Tingkat Kecemasan Matematika. Laplace?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 297–306. Https://Doi.Org/10.31537/Laplace.V5i2.768
Whyte, J., & Anthony, G. (2012). Maths Anxiety: The Fear Factor In The Mathematics Classroom. 9, 6–15.